ANALISA PEMASARAN KAYU GAHARU (Aquilaria malaccensis) DI DESA DENDANG KECAMATAN STABAT (Studi Kasus CV. Cahaya Gaharu)
Keywords:
Kayu gaharu, saluran pemasaran, efisiensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran kayu gaharu, dan menganalisa efesiensi pemasaran kayu gaharu di CV. Cahaya Gaharu Desa Dendang Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja atau purposive dan data yang di kumpulkan terdiri dari data primer yaitu dengan wawancara langsung dengan para responden, dan data sekunder dari instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang bermitra dengan CV. Cahaya Gaharu yang ada di Desa Dendang Kecamatan Stabat. Teknik analisa yang digunakan adalah mengetahui pola saluran pemasaran dan menghitung margin pemasaran.
Proses pemasaran yang dilakukan CV. Cahaya Gaharu menimbulkan saluran pemasaran yaitu CV. Cahaya Gaharu dengan datang ke tempat petani dan membelinya sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, kemudian CV. Cahaya Gaharu menjualnya atau memasarkannya di dalam negeri atau ke luar negeri. Marjin pemasaran yang diperoleh dari satu-satunya saluran pemasaran sebesar Rp. 6.980.000 per kilogram kayu, share margin yang diterima sangat kecil yaitu 0,29%. Hal ini dikarenakan petani menjual langsung kepada pedagang pengecer yang menjual produk pertanian di daerah dalam negeri dan luar negeri. Efisiensi pada saluran pemasaran sebesar 40% ini menunjukan bahwa pada saluran pemasaran kurang efisien. Kurangnya efisiensi dari proses bisnis ini dikarenakan banyaknya tantangan yang dihadapi, seperti biaya transportasi dan pemanenan kayu gaharu memakan waktu umur yang panjang yaitu sampai 7 tahun, terdapat ketidakpastian pemanenan kayu gaharu yang dapat memperburuk pasokan.
Kata kunci : Kayu gaharu, saluran pemasaran, efisiensi